Sekolah Santa Maria (SMP) sebagai lembaga pendidikan yang merupakan agen perubahan sekaligus agen pembentukan karakter kebangsaan selalu menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang membentuk karakter kebangsaan, cinta akan hasil kebudayaan Indonesia. Salah satu kegiatan yang diselenggrakan adalah peringatan hari Batik Nasional pada Rabu, 2 Oktober 2019.

Rangkaian kegiatan hari Batik Nasional diawali dengan doa, disusul sambutan dari Ketua Osis SMP Santa Maria, Esther Aprilia Widarmadi. Dalam sambutanya Esther mengatakan “(Sebagai siswa) Kita harus bangga dengan warisan kebudayaan yang luhur yang telah dihasilkan oleh pendahulu kita, warisan luhur itu adalah batik.”

Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan berfoto bersama wali kelas masing-masing di lingkungan SMP Santa Maria Pekanbaru. Nampak sekali anak-anak ceria mengenakan batik. Sedikit melihat sejarah, peringatan hari batik diperingati setiap tahunnya pada 2 Oktober. Hal ini berawal saat batik masuk dalam daftar perwakilan warisan budaya bonbenda dari United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2009 yang lalu. Pengakuan dari UNESCO ini adalah alasan masyarakat Indonesia menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

Mari kita selalu berada di barisan paling depan untuk menunjukkan keindonesiaanya. Maju terus Indonesia!