Guru Pengerak Indonesia Maju

Sudah seperti biasanya setiap tanggal 25 November, OSIS SMP Santa Maria menyelenggarakan kegiatan untuk meperingati hari guru. Kegiatan peringatan hari guru selalu dilaksanakan dengan melibatkan semua anak. Peringatan Hari Guru 2019 dilaksanakan pada hari Senin, 25 November 2019 di lapangan SMP Santa Maria dengan diawali upacara bendera.

Peringatan hari guru menjadi sangat penting untuk selalu diperingati, dan tidak sekadar seremonial belaka tapi juga memberikan edukasi kepada anak-anak serta memberi motivasi kepada para pendidik bahwa guru menjadi orang yang terdepan sebagai pengerak Indonesia maju.

Dalam kata sambutannya, Kepala SMP Santa Maria, Ferdinandus Nipa, S.Pd. sekaligus sebagai pembina upacara membacakan sambutan menteri pendidikan Indonesia. Kepala sekolah mengatakan profesi guru tidak bisa digantikan dengan teknologi. Dalam proses pendidikan terjadi transformasional, bukan transfer ilmu sehingga tidak hanya menghafal namun sampai pada perubahan tingkah laku. Lebih jauh, beliau juga menambahkan, dalam proses pembelajaran terjadi interaksi, komunikasi yang melibatkan perasaan, pemahaman terhadap anak-anak, sehingga bisa memberikan pelayanan belajar sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing anak.

Hal tersebut juga diamini oleh wakil kepala SMP Santa Maria, Nurmala Haloho S.S bahwa guru hendaknya memberikan kesempatan pada anak didik untuk mengenal diri, berkembang, tidak menyeragamkan anak, artinya anak itu berbeda maka pendidik harus memperlakukannya juga berbeda tapi harus juga melatih anak untuk berkolaborasi. Kemeriahan hari guru semakin terasa pada saat anak-anak tampil dengan menyanyikan lagu untuk guru, serta puncaknya adalah pemotongan kue untuk guru.

Selamat hari guru, sukses selalu!

-HH-

 

GALERI KEGIATAN: