Santa Maria Youth Activities Festival (SMAYAVA) yang diselenggarakan pada 8 Maret 2023 hingga 14 Maret 2023 yang lalu sukses dilaksanakan sejak opening ceremony hingga closing ceremony.

Adapun SMAYAVA merupakan program tahunan sekolah yang diselenggarakan guna memberi wadah bagi seluruh peserta didik khususnya untuk menuangkan dan menyalurkan bakat dan minat yang mereka miliki serta memberikan kesempatan kepada seluruh peserta didik berkompetisi dengan peserta didik yang berasal dari intern Santa Maria maupun ekstern diluar Santa Maria.

Tujuan tersebut kemudian menjadi dasar pengadaan jenis-jenis pertandingan diantaranya meliputi bidang akademik, sains, dan olahraga. Jenis-jenis lomba yang diadakan yaitu, Battle of Brain (BOB), Spelling Bee, Speech, Story Telling, Mendongeng, Puisi, Vocal Solo, K-Pop Dance Cover, Fashion Show, Basket, Futsal, Badminton, E-Sport: MLBB, Mewarnai. Perlombaan tersebut dilaksanakan mulai dari tingkat TK hingga SMP.

Pembukaan berlangsung pada 8 Maret 2023 dengan mengangkat budaya Bali dan berlangsung dengan sangat meriah secara medley memadukan karya musik dan tari tradisional dan modern. Penutupan terlaksanana pada 14 Maret 2023 disertai dengan penyerahan hadiah kepada seluruh pemenang.

Beberapa pemenang turut menyuguhkan tampilan yang disuguhkan saat pemenang meraih kemenangan.