Hari yang ditunggu- tunggu dan menjadi istimewa bagi anak didik yang pada tahun pembelajaran 2023/2024  menginjakkan kaki di lingkungan SMP Santa Maria  Pekanbaru.

Anak-anak mengikuti pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) yang kami namakan INSANTA  yang mengandung pengertian inisiasi Santa Maria.

INSANTA menjadi program sangat penting untuk memperkenalkan anak pada lingkungan sekolah, dibuka pada hari Jumat, 7 Juli 2023. Dalam konsep Ki Hajar Dewantara ada tiga fokus lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Ketiga lingkungan bersinergi untuk membentuk karakter baik pada anak-anak.

Pada kegiatan INSANTA sekolah memperkenalkan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar, dan penanaman  kultur sekolah. Kegiatan ini ditutup pada hari Senin, 10 Juli 2023 dengan penampilan anak-anak dari masing-masing kelas dengan pendampingan pengurus OSIS, MPK, serta Bapak Ibu Wali kelas.

Kemeriahan dalam penutup menjadi kenangan yang sangat berharga sehingga menjadi nyaman berada di lingkungan SMP Santa  Maria.