Berbicara tetang hari anak sangatlah menarik karena berbicara tetang kelangsungan bangsa dan negara. Anak menjadi aset kemajuan bangsa dan negara, untuk itu perlu memberikan perhatian yang lebih kepada anak.

Sejarah Hari Anak Nasional ini bermula dari keputusan Presiden Soeharto. Presiden kedua Republik Indonesia ini memandang bahwa pentingnya anak-anak sehingga keberadaanya perlu diperingati.

Presiden Soeharto kala itu mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) No. 44/1984, yaitu tanggal pengesahan Undang-Undang tentang Kesejahteraan Anak pada 23 Juli 1979. Dengan dasar tersebut, 23 Juli ditetapkan sebagai tanggal Peringatan Hari Anak Nasional.

SMP Santa Maria sebagai Institusi pendidikan dibawah naungan Yayasan Prayoga Riau sangat focus terhadap perkembangan anak sehingga terbentuk anak-anak yang cerdas, Kreatif, memiliki rasa empati dalam kehidupannya.

Sebagai sekolah yang sangat focus terhadap perkembangan anak maka memiliki program yang berpihak pada anak, dengan memberikan wadah untuk melatih diri, mengekspresi diri mengembangkan talentanya.

Pada peringatan hari anak ini sekolah Santa Maria dibawah Yayasan Payoga Riau mendapat kehormatan untuk memeriahkan Riau Property Expo di MALL SKA Pekanbaru pada hari minggu 23 Juli 2023.

Kemeriahan penampilan anak – anak Santa Maria mengundang detak kagum dari para pengunjung dan memberikan apresiasi kepada pihak sekolah yang sangat mendukung perkembangan.

Sekolah Santa Maria terus berkomitmen untuk tetap memberikan yang terbaik bagi anak-anak dan tetap menjadi sekolah yang ramah anak.