Pertemuan awal tahun ajaran di smp santa maria Pekanbaru, dilaksanakan mulai tanggal 25 Juli 2023, dengan dihadiri orang tua siswa kls 7, 8 dan 9. Pertemuan orang tua menjadi sarana berdiskusi antara orang tua dan sekolah dalam mendidik anak – anak.

” Anak harus dikembangkan bakatnya dan dibekali karakter yang baik  melalalui program-pragam yang disiapkan oleh sekolah ” ujar Ibu Fera Natalia Br. Ginting kepala sekolah SMP Santa Maria dalam pidato sambutannya.

Penerapan kurikulum merdeka di SMP Santa Maria menjadi perhatian yang sangat penting. “Kurikulum Merdeka memberikan ruang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang bagi peserta didik ” ujar Ibu Agustina Wakil kepala sekolah bidang kurikulum.  Pada kurikulum merdeka Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.

Sekolah mensosialisasikan tentang Penerapan P.5 , projek untuk  pencapaian profil pelajar Pancasila. Sekolah memaparkan program baru yang bernama STYLIS (Saint Mary English Speaking Class), Program ini merupakan program pembiasaan anak dalam berbahasa inggris. Di mana dalam satu kelas ada dua guru yakni guru mata pelajaran dan guru bahasa inggris yang berperan sebagai pendamping pembiasaan penggunaan bahasa inggris .

Ibu Chyntia sebagai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan mengatakan sekolah memberikan wadah kepada anak – anak agar dapat berkembang sesuai dengan bakatnya masing masing. Sekolah menyediakan program untuk  pengembangan diri anak. Ekstrakurikuler dari yang sifatnya akademis, musik, tari dan sport. Sekolah juga mempunyai program untuk mengembangkan karakter anak dengan program SAJOJO (Santa Maria  Joyful Jorney)

Dalam diskusinya orang tua siswa sangat mendukung sekolah untuk menanamkan disiplin sejak dini dan membentuk karakter anak sehingga kelak menjadi anak yang baik. Orang tua juga memberikan apresiasi program – program yang telah memberikan wadah kepada anak untuk tumbuh dan berkembang sesuai bakat masing – masing.