Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Sebagai lembaga pendidikan SMP Santa Maria mempunyai kewajiban membentuk dan menanamkan karakter yang baik serta menghargai kebudayan bangsa sendiri. Salah satu hasil kebudayaan yang sangat luhur adalah batik.

Batik merupakan Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Perayaan Hari Batik Nasional dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2023 di halaman SMP Santa Maria Pekanbaru dengan mengajak seluruh warga sekolah mengenakan busana batik. Kegiatan perayaan dimeriahkan dengan penampilan peserta didik SMP Santa Maria yakni:  tari daerah, modern dance, vocal group, musik Ansambel, dengan busana bernuasa batik.

“Kita harus memelihara warisan budaya yang sangat luhur ini, dan kita wajib bangga sebagai bangsa yang besar ”  kata Ibu Cintya sebagai wakil kepala sekolah bidang kesiswaan.

Mari kita bersama terus mempertahankan warisan budaya yang sangat luhur ini dan menanamkan pada generasi berikutnya.