Bulan Oktober dikenal sebagai Bulan Bahasa. Bulan dimana bangsa kita  memperingati Hari  Sumpah Pemuda yang merupakan cikal bakal perjuangan secara nasional pada masa penjajahan di masa lampau.  SMP Santa Maria juga turut serta memperingari  Bulan Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai salah satu wujud untuk membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia dalam diri para siswa ditengah gencarnya penggunaan bahasa asing dalam kehidupan  dan pergaulan  mereka sebagai seorang pelajar.Namun dalam kegiatan Bulan Bahasa, SMP Santa maria tidak hanya menitik bertakan pada bahasa Indonesia saja, tetapi melibatkan juga  bahasa Inggris dan bahasa Mandarin sebagai bahasa yang dibutuhkan pada masa mileneal saat ini.

Jika tahun lalu kegiatan Bulan bahasa di selenggarakan berupa penampilan-penampilan luar biasa dari para siswa yang ditampilkan di lapangan dan disaksikan semua peserta didik,  tahun ini kegiatan Bulan Bahasa dikemas dalam bentuk perlombaan- perlombaan dikarenakan kurang kondusipnya kabut asap di kota Pekanbaru sehingga kegiatan Bulan Bahasa tahun ini di selengarakan di dalam ruangan. Jenis perlombaan yang dipertandingkan  adalah baca puisi, mendongeng, pidato  menggunakan bahasa Indonesia. Sedangakn untuk bahasa Inggris dan Mandarin jenis perlombaannya berupa Story Telling dan solo lagu Mandarin.

Perlombaan-perlombaan tersebut berlangsung sangat baik dan sangat diapresiasi oleh para siswa  ditandai dengan banyaknya siswa yang menjadi peserta. Untuk perlombaan Story Telling, lagu Mandarin dan pusi babak penyisihannya dilaksanan di saat yang bersamaan pada hari Senin, 23 Oktober 2023 di lokasi-lokasi yang berbeda. Untuk penyisihan pidato dan mendengeng masing-masing dilaksankan pada hari Selasa dan Rabu 24-25 Okteober 2023. Babak finalnya akan di selenggarakan pada tanggal 31 Oktober 2023 mendatang. Untuk perlombaan secara klasikal diadakan lomba membuat pojok baca di ruangan wali kelas masing-masing dengan memberikan durasi waktu pengerjaan selama 5 hari ( 23-27 Oktober 2023).

Sesuai dengan tema Bulan Bahasa tahun ini “Literasi dalam Kebinekaan untuk Kemajuan Bangsa” kegiatan Bulan Bahasa SMP Santa Maria ini diharapkan dapat lebih  menekankan pemahaman kepada peserta didik untuk selalu menghargai perbedaan sebagai wujud dari semangat “SUMPAH PEMUDA” dengan menjadi generasi yang cerdas berkarakter.