1. Seminar Empat Pilar Kebangsaan

Jumat, 27 Oktober 2017, Yayasan Prayoga Riau mengadakan seminar tentang ” Empat Pilar Kebangsaan”. Semua pendidik dan tenaga kependidikan Yayasan Prayoga Riau berkumpul di SMA Santa Maria Pekanbaru. Bapak Ir.H.M. Lukman Edy, M.Si. sebagai pemateri, tiba di lokasi seminar pukul 08.30. Seminar diawali dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars Prayoga, dan Mars PPK (Penguatan Pendidikan Karakter). Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ketua Koordinator Pekanbaru Ibu Dorhot Meike Hutaoea, S.Pd. dan kata sambutan dari Ketua Yayasan Prayoga Riau, Romo Anton Konseng,Pr. M.Sc.

Dalam paparan materinya, Bapak Lukman Edy mengatakan beberapa hal, antara lain:

1. Pancasila digali dari kehidupan bangsa yang dijadikan sebagai perekat bangsa
2. Pancasila sebagai perekat sudah dilupakan sejak reformasi

3. Pancasila sebagai ide cerdas, sebagai resolusi konflik dari perbedaan yang ada.

Beliau juga menghimbau perlu membaca sejarah perjuangan bangsa untuk menggugat semangat persatuan. Seminar ditutup dengan beberapa rangkaian mulai dari pemukulan gong oleh Romo Anton dan Bapak Lukman Edy, Deklarasi komitmen oleh seluruh peserta seminar, menyanyikan lagu Padamu Negeri, Pembacaan Gurindam oleh Bapak Raja Yusri, dan diakhiri dengan doa.

2. Pertandingan Persahabatan Antar Koordinatorat Yayasan Prayoga Riau

Bertempat di  SMA dan SMP Santa Maria kegiatan berikutnya adalah Mempererat Persaudaraan Melalui Olahraga. Setelah menggelar seminar tentang 4 pilar kebangsaan dan Deklarasi Kebangsaan, seluruh pendik dan tenaga kependidikan dari 34 sekolah di 7 koordinatorat, bersama-sama bertemu di lapangan olahraga SMA dan SMP Santa Maria dalam berbagai pertandingan dalam bidang olahraga. Pertandingan yang digelar antara lain bola voli, sepak bola mini, tenis meja, catur dan bola basket. Kegiatan ini juga menjadi ajang bagi para pendidik dan tenaga kependidikan Yayasan Prayoga Riau untuk saling mengenal dan mempererat rasa persaudaraan.

3. Pentas Seni 

Setelah seminar dan olah raga bersama,  berikutnya peserta didik  TK, SD, SMP dan SMA Santa Maria menggelar Pentas Seni dengan tema “Riau Dulu dan Sekarang Dalam Musik dan Tari”, bertempat di halaman SMP Santa Maria. Acara diisi dengan drama musikal, orkestra, nyanyi, dan tari. Para pendidik dan undangan sangat menikmati acara tersebut.

4. Pemaparan Resume Kegiatan Dies Natalis

Pemaparan resume kegiatan dies natalis oleh Romo Anton Konseng P.r, M.Sc, Ketua Yayasan Prayoga Riau. Dalam resume kegiatan ini, Romo merangkum dan mengevaluasi seluruh rangkaian kegiatan Dies Natalis Sekolah Santa Maria yang telah dimulai sejak bulan Mei 2017 hingga hari puncak tanggal 27 Oktober 2017 yang digelar dengan Seminar 4 Pilar Kebangsaan dan Pentas Seni. Pada kesempatan ini Romo Anton menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia kegiatan dan guru-guru kesenian dari TK, SD, SMP dan SMA Santa Maria Pekanbaru yang telah bekerja keras memberikan yang terbaik untuk mensukseskan semua kegiatan termasuk pentas seni “Riau Dulu dan Sekarang, Dalam Musik dan Tari”.

Romo juga menyampaikan bahwa tujuan dari seluruh kegiatan Dies Natalis ini adalah untuk belajar, saling mengenal satu sama lain, saling bertatap muka dan sejenak meninggalkan rutinitas kita demi terciptanya keakraban dan sense of belonging. (SMP Santa Maria, Team Publikasi)